Akibat Kekurangan Kalsium Pada Tubuh

akibat kekurangan kalsiumKalsium, mineral mayor yang satu ini, memang identik dengan kesehatan tulang. Namun, ternyata kalsium juga dapat memengaruhi kesehatan sistem organ lainnya.Menurut dr Nanny Djaja, ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya, kekurangan asupan kalsium dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Berikut ini merupakan berbagai

Akibat tubuh kekurangan kalsium :

  • Osteoporosis. Pengeroposan massa tulang umumnya terjadi seiring bertambahnya usia. Penelitian menunjukkan bahwa pada usia 25 tahun, tubuh akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1 persen per tahun. Memasuki usia 50 tahun, jumlah kalsium akan berkurang sebanyak 30 persen dan pada usia 70 tahun kehilangan kalsium akan mencapai 50 persen.Namun, Nanny mengatakan, hal tersebut dapat dicegah dengan cara cukup konsumsi kalsium setiap hari. Untuk mengatasi osteoporosis solusinya adalah konsumsi makanan berkalsium tinggi atau konsumsi suplemen kalsium terbaik.
  • Tinggi Badan Yang Tidak Optimal. Pada masa pertumbuhan, tubuh memerlukan asupan kalsium agar tinggi badan optimal. Kalsium merupakan nutrisi peninggi badan alami yang sangat diperlukan oleh tubuh agar tinggi optimal.
  • Palpitasi. Kendati dapat diakibatkan oleh banyak hal, dr. Nanny mengatakan, palpitasi atau jantung berdebar bisa juga dialami akibat kekurangan kalsium. Hal ini berhubungan dengan fungsi kalsium sebagai salah satu penjaga irama jantung.  Palpitasi merupakan salah satu dari Akibat tubuh kekurangan kalsiumyang harus di waspadai.
  • HipertensiSebuah penelitian baru menunjukkan, orang yang mengalami hipertensi kebanyakan juga mengalami kekurangan kalsium dalam tubuhnya. Hal ini mungkin berhubungan dengan terganggunya penyerapan kalsium akibat konsumsi makanan tinggi garam, tetapi bisa juga lantaran fungsi kalsium sendiri adalah untuk mengontrol tekanan darah.
  • Penurunan kognitif. Sering lupa atau tidak mampu berkonsentrasi mengerjakan tugas merupakan gejala dari penurunan kognitif. Kekurangan kalsium bisa berperan dalam hal ini. Nanny mengatakan, kalsium merupakan mineral penting yang berperan dalam transmisi impuls saraf. Maka, kekurangan kalsium bisa amenyebabkan transmisi tersebut berjalan dengan tidak lancar, maka terjadinya penurunan kognitif.
  • Depresi. Penelitian menemukan keterkaitan depresi dengan kekurangan kalsium. Rata-rata pasien depresi kekurangan kalsium dalam tubuhnya. Hal tersebut mungkin disebabkan oleh menurunnya fungsi tubuh menyerap kalsium lantaran depresi yang dialami.

Akibat tubuh kekurangan kalsium dapat dihindari apabila mengonsumsi kalsium yang cukup. Kalsium dapat diperoleh dari susu, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, daun pepaya, daun singkong, daun labu dan sawi.

  • Berikut penjelasan tentang kalsium yang perlu anda ketahui :

informasi lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *